Totok syaraf

pengobatan syaraf kejepit, HNP, Vertigo, low back pain

penyakit sakit pinggang

Penyakit Nyeri Pinggang
Nyeri pinggang terbagi atas dua, yaitu akut dan kronik. Nyeri pinggang akut biasanya terjadi tidak lebih dari 6 minggu. Nyeri ini kebanyakan disebabkan oleh cedera saat berolahraga, melakukan aktifitas sehari-hari atau akibat mengangkat beban yang berat.
Sementara nyeri pinggang kronik bisa bertahan hingga 2 bulan dan rasa nyerinya seringkali memberat seiring waktu. Nyeri pinggang kronik memerlukan perhatian khusus karena ada kemungkinan terkait dengan penyakit seperti radanf, infeksi, atau osteoporosis. Nyeri pinggang juga busa dipicu oleh faktor lain seperti gangguan pada usus, ginjal, infeksi, tumor, hingga gangguan organ reproduksi wanita.
Pada gangguan ginjal yang sering dihubungkan dengan nyeri pinggang, biasanya disebabkan karena adanya infeksi ginjal dan batu ginjal. Sementara pada masalah organ reproduksi wanita nyeri pinggang biasanya disebabkan karena adanya kista ovarium dan endometriosis.
Tapi tumor, baik jinak maupun ganas juga bisa menyebabkan nyeri pinggang karena tumor yang terjadi didaerah tubuh manapun akan mengalami penyebaran ke tulang pinggang. Kehamilan juga bisa memicu munculnya nyeri pinggang akibat dari tekanan mekanis pada atulang pinggang dan pengaruh dari posisi bayi dalam kandungan.
Nyeri pinggang kronik harus mendapat perhatian serius karena adanya banyak kemungkinan terkait dengan suatu penyakit, seperti : radang, infeksi, atau bahkan osteoporosis. Nyeri pinggang busa berakibat serius jika tidak ditangani dengan benar. Jangan dibiarkan berlarut-larut, nyeri pinggang bisa menyebabkan pembengkokan tulang belakang.
Nyeri Pinggang Kronik

Banyak anggapan pengobatan nyeri pinggang terutama nyeri pinggang kronik harus dilakukan dengan jalan bedah yang berbuah luka sayatan besar, banyak pendarahan dan perlu istirahat selama berminggu-minggu. Karena alasan ini orang lebih memilih membiarkan rasa nyeri mereka. Padahal selain mengganggu aktivitas sehari-hari turunnya produktivitas pun juga mengancam akibat nyeri berkepanjangan.
Hampir semua orang pernah mengalami nyeri pinggang. Sayangnya nyeri pinggang seringkali diabaikan karena dianggap hal biasa. Padahal selain mengganggu aktifitas sehari-hari, nyeri pinggang jika dibiarkan juga akan berdampak pada turunnya produktifitas seseorang. Padahal nyeri pinggang bisa diobati.
Nyeri pinggang merupakan kondisi yang umum dialami oleh banyak orang. Nyeri pinggang bisa disebabkan banyak hal, sayangnya banyak orang mengabaikan nyeri pinggang yang serius karena dianggap sebagai nyeri biasa akibat melakukan aktifitas sehari-hari dan akan menghilang dalam waktu tertentu. Padahal selain di picu karena adanya aktifitas fisik, seperti pekerjaan berat atau jarang olahraga, nyeri pingang juga bisa disebabkan obesitas dan gaya hidup yang tidak sehat.
Nyeri pinggang juga terjadi akibat merokok. Hanya saha hubungannya belum diketahui. Nyeri pinggang bisa terjadi didaerah lumbal ataupun non lumbal. Hanya saja nyeri pinggang lebih rentan terjadi didaerah lumbal, yaitu bagian bawah punggung. Nyeri ini berkaitan dengan tulang, saraf, sendi dan bantalan seperti peregangan tulang pinggang, peradangan pada sendi atau iritasi saraf karena pergerseran mekanis.
Daerah lumbal terdiri dari 5 tulang kecil karena daerah itu paling elastis dan menyangga berat badan atas manusia serta beban yang dibawa seseorang. Besarnya beban yang dterima bantalan lumbal tergantung pada posisi tubuh, misalnya berdiri duduk, atau tidur. Selama ini banyak orang tidak menyadari duduk terlalu lama bisa menyebabkan nyeri pinggang. Duduk dianggap posisi istirahat yang lebih baik dari pada berdiri. Padahal justru berdiri merupakan kondisi yang tidak terlalu memberikan beban bantalan umbal dibanding posisi duduk.
Beban yang diterima bantalan lumbal pada saat duduk tegak adalah 150 kg, sedangkan saat berdiri hanya 100 kg. Berbeda lagi dengan posisi tidur miring yang memberikan beban bantalan lumbal 3 kali lebih tinggi di bandingkan posisis tidur telentang.

January 17, 2013 - Posted by | Uncategorized | , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: